16 December 2016

Ini dia Caranya mengatasi Cheksum Error - File Is Corrupt saat Extract File ZIP atau RAR

Assalamualaikum
Tutorial ini akan membahas tentang bagaimana caranya mengatasi Error pada Winrar ketika mengextract File ZIP ataupun RAR dengan pesan  Cheksum Error - File is Corrupt.

Kejadian Error saat mengextract file seperti ini biasanya terjadi pada file-file dengan ukuran jumbo yang di Download dari internet seperti Aplikasi dan Game dengan ukuran yang lumayan menyita waktu saat didownload.
Ini dia Caranya mengatasi Cheksum Error - File Is Corrupt saat Extract File ZIP atau RAR

kejadian ini pun saya alami beberapa waktu lalu, ketika itu saya mendownload Installer Game PES 2013 dari salah satu situs penyedia Software. Karena ukuran file yang saya download lumyan besar yaitu -+6 Gigabyte makanya waktu yang dibutuhkan hampir 8 Jam baru selesai terdownload seluruhnya. Lamanya proses Download ini selesai karena kecepatan interenet yang saya gunakan hanya 3Mbps dan posisinya saat itu sedang digunakan oleh banyak orang jadi memang kecepatan real yang didapatkan hanya berkisar rata-rata 1Mbps saja.

Setelah selesai didownload saya langsung mengextract File ISO yang dikompress menjadi file RAR. Namun sungguh mengecewakan saat proses Extract sedang berjalan tiba-tiba muncul pesan Error dan proses Extract tehenti dan tidak dapat dilanjutkan karena Error tersebut.

Frustasi, mungkin itu perasaan yang bisa digambarkan karena tidak munkin harus mendownload lagi dari Awal kecuali kecepatan internet 100Mbps biar tidak kelamaan menunggunya. Hampir saja saya menghapus Game yang sudah didownload tadi. Tiba tiba saya teringat pada salah satu menu yang ada di Winrar yaitu menu Repair dan ternyata hasilnya sungguh melegakan hati. File game yang error tadi sukses

  • Langkah pertama yang saya lakukan adalah Merename File RAR yang error tadi (mengganti nama file) 
    Ini dia Caranya mengatasi Cheksum Error - File Is Corrupt saat Extract File ZIP atau RAR
  • Setelah di Rename, buka file RAR tadi Lalu pada tampilan menu winrar klik Repair. lalu akan muncul sebuah Form Popup yang menanyakan tempat anda akan menyimpan hasil dari file RAR yang nanti telah selesai di repair akan di taruh dimana, sesuaikan seperti yang ada pada gambar dibawah ini
    Ini dia Caranya mengatasi Cheksum Error - File Is Corrupt saat Extract File ZIP atau RAR
  • Setelah mengklik Ok, maka proses repair akan mulai berjalan
    Ini dia Caranya mengatasi Cheksum Error - File Is Corrupt saat Extract File ZIP atau RAR
  • saat proses Repair telah selesai, maka akan muncul file RAR baru dengan tulisan Fixed didepanya. File RAR tersebutlah yang sekarang sudah bisa digunakan
  • Untuk membuktikanya saya mencoba mengextract file RAR yang sudah di repair tadi, dan Hasilnya benar, file RAR sukses di Extract tanpa ada Error sedikitpun
    Ini dia Caranya mengatasi Cheksum Error - File Is Corrupt saat Extract File ZIP atau RAR
Seperti itulah caranya mengatasi Error saat extract file RAR menggunakan menu Repair dari winrar. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman yang mengalami masalah Cheksum Error File Is Corrupt setelah mendownload file dari Internet.

Terima kasih :D



7 komentar

Enter your comment...ekstrak tetap eror dilaptop saya

thanks brooo... work!!!

Bang, kalo dia minta password?? Gimana caranya?? Tetap error di laptop saya kalo gak ada passwordnya

TERIMA KASIH, NANTI SAYA COBA. MANTAP

Klo checksum error file rar nya berupa kompresan part 1 dan seterusnya itu gimana gan?

Ini Dia Caranya Mengatasi Cheksum Error - File Is Corrupt Saat Extract File Zip Atau Rar - Catatan Lamers >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Ini Dia Caranya Mengatasi Cheksum Error - File Is Corrupt Saat Extract File Zip Atau Rar - Catatan Lamers >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Ini Dia Caranya Mengatasi Cheksum Error - File Is Corrupt Saat Extract File Zip Atau Rar - Catatan Lamers >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK mT


EmoticonEmoticon