13 December 2016

Cara Ampuh Mengatasi Virus Angel (VBS)

Assalamualaikum
kali ini kita akan membahas masalah umum yang sering dialami mayoritas pengguna komputer khususnya pengguna komputer dengan sistem Operasi Windows. yaitu VIRUS yang bersarang di dalam komputer kita.

siang tadi saya dimintai tolong untuk mengecek kondisi Laptop milik teman saya, keluhanya seperti keluhan umum yang biasa dialami banyak orang yaitu Kinerja Laptop/PC menjadi sangat lambat elias Lemot. Kecurigaan saya langsung mengarah ke Virus walaupun sebenarnya masih banyak hal hal lain yang mempengaruhi menurunnya kinerja Komputer salah satunya adalah problem pada perangkat keras komputer/Laptop

Untuk kasus kali ini saya yakin 100% tersangka utamanya adalah Virus, karenakan dari informasi pemilik laptop, bahwasanya laptop ini masih bisa dikatakan baru karena belum sebulan keluar dari Toko, sehingga dugaan keterlibatan perangkat keras dalam kasus "Lemotnya" laptop ini bisa kita diabaikan.

Setelah saya coba cek secara manual ternyata memang benar, Laptop ini sudah dihinggapi virus-virus yang menyebabkan kinerja komputer menjadi super lambat karena virus jahat yang sudah mewabah didalam Sistem Operasi windows yang terinstall di Laptop ini.

Bukan mau menjelek-jelekan salah satu merek AV (Antivirus) namun kenyataanya Antivirus seperti AVG pun tak berkutik dihadapan virus ini, hal ini dibuktikan dengan tidak adanya Aktifitas apapun yang dilakukan AVG padahal sudah jelas-jelas ada virus yang tengah mengrogoti Laptop.

Karena tidak terdeteksi oleh AV makanya agak cukup ribet mengatasi virus yang satu ini karena ketika saya akan menginstall AV andalan saya yaitu MSE, malah tidak diizinkan oleh Virus karena file installer MSE keburu dihajar oleh Virus sebelum AV MSE sempat terpasang terlebih dahulu.

Setiap kali ada perangkat Removable seperti Flashdisk yang di colok di PC ini, maka dengan Cepat virus ini pun langsung menular ke Perangkat tersebut

Langkah awal yang biasa saya lakukan ketika menangani virus yaitu dengan menghentikan proses Virus tersebut terlebih dahulu Melalui Task Manager, baru dilanjutkan dengan mencari akar tempat tempat dimana virus ini bersembunyi lalu menghapus virus tersebut. Namun itu tidak bisa saya lakukan karena fungsi Task Manager sudah di Disabled oleh virus

Enable taskmanager melalui GPEDIT.msc
Biasanya untuk meng enable kan kembali task manager saya menggunakan Command Prompt atau Regedit tapi sayangnya lagi-lagi Command prompt serta Regedit sudah keduluan di Disable kan juga oleh virus.

Untung saja salah satu pintu masuk masih bisa terbuka entah karena virusnya tidak mampu menutupnya atau memang sang empunya virus lupa untuk sekalian menutup pintu ini. Pintu yang saya bicarakan ini adalah GPEDIT.MSC.

Jadi langkah pertama yang saya lakukan adalah mengenable kan Regedit melalui GPEDIT.MSC
  • Buka RUN (Tombol WIN + Tombol R)
  • ketik GPEDIT.MSC lalu Enter
    Enable Regedit melalui GPEDIT.msc
  • Arahkan ke Folder User Configuration - Administrative Template - System
  • Di Kolom sebelah kiri Klik 2x Prevent Access to registry editing tools
    Enable Regedit melalui GPEDIT.msc
  • Pada Form baru yang muncul Pilih Option Disabled lalu Pilih Klik OK
    Enable Regedit melalui GPEDIT.msc
  • maka seharusnya Regedit sudah bisa dibuka kembali

Registry sekarang sudah bisa diakses kembali. Awalnya saya berniat mengaktifkan Command Prompt melalui Registry, namun daripada jauh-jauh lagi ke Registry, mending sekalian saja mengaktifkan Command Prompt melalui GPEDIT.MSC juga, Caranya sama persis seperti mengaktifkan Regedit tadi, namun kali ini yang di klik 2x adalah Prevent Access to Command Prompt, lalu pilih disabled dan klik Ok
Enable Command Prompt (CMD) melalui GPEDIT.msc
Enable CMD melalui Gpedit.msc
Untuk Task manager pun sama seperti mengenable kan CMD, supaya tidak jauh2 juga ke Registry maka untuk mengenablekan kembali Task Manager langsung dilakukan melalui GPEDIT.MSC saja. Caranya, arahakan ke Folder User Configuration - Administrative Templates - System - Ctrl+Alt+Del option lalu klik 2x pada Remove task manager lalu pilih Disbaled dan klik OK
Enable task manager melalui GPEDIT.msc
Enable Task Manager melalui Gpedit.msc
Nah setelah akses ke program-program penting sudah kembali ke tangan kita, selanjutnya adalah waktunya perang melawan virus. Oh ia, saya lupa juga menginformasikan bahwa Folder Option untuk memunculkan File Yang di Hidden pun di disable oleh virus tapi setelah di Enable kan kembali akhirnya saya bisa melihat dengan jelas penampakan dari Virus yang gentayangan didalam laptop ini. 
Mengatasi Virus Angel atau Virus Script (VBS)
Virus Angel
bisa dilihat ada sebuah Aplikasi dengan Ekstensi Exe (angel.exe) dan sebuah script VBS, itu dia virusnya tapi itu bukan satu2nya virus yang ada di dalam laptop ini, karena kemungkinan Besar yang terlihat hanyalah virus cloning, dan yang aslinya masih berada disuatu tempat, karena memang rata-rata virus mempunyai kemampuan untuk terus menggandakan diri.

Penjelasan lengkap tentang cara mengetahui lokasi lokasi umum yang biasa di hinggapi virus serta penanggulanganya tanpa harus melakukan Install Windows bisa anda Baca pada Artikel saya yang lain yang berjudul "Tips Atasi Virus Komputer Tanpa Install Ulang"

Setelah semua langkah-langkah diatas telah terlewati maka kini seharusnya sudah bisa di install Antivirus untuk membantu menganalisa keberadaan virus serta menanggulangi virus tersebut.

Jika anda sudah memiliki Antivirus yang terpasang atau terinstall di Laptop/PC anda dan masih saja bisa ditembus oleh virus, maka segera update Antivirus atau ganti AV dengan AV lain yang menurut anda lebih baik dari AV lama anda. Saya pribadi menyarankan anda untuk Menggunakan Antivirus resmi dari Microsoft yaitu MSE atau kepanjanganya Microsoft Security Essentials. Silahkan baca Review saya dalam Artikel "MSE, Antivirus Terbaik"

Sekian dan Terima kasih


EmoticonEmoticon