16 December 2016

Cara membuat Backup Power | Memodifikasi UPS dengan Mengganti AKI Mobil

Tags

Assalamualaikum
Beberapa saat yang lalu saya sempat menangani salah satu pekerjaan yaitu point to point sejauh 100Km yang terbagi menjadi beberapa link dengan sistem repeater. Nah kali ini saya mendapatkan panggilan kembali untuk menangani masalah Listrik yang sering padam saat siang hari dikarenakan terbatasnya sumber daya listrik di tempat di pasangnya repeater tersebut sehingga pada siang hari sering kali Link koneksi down alias putus gara-gara Listrik mati dan tentunya perangkat pun ikutan mati

Nah saya diminta untuk menangani masalah ini dengan biaya minim alias sebisa mungkin untuk mengurangi pengeluaran kantor. padahal awalnya saya menyarankan menggunakan AKI dan Charger AKI yang automatic, terus dari AKI nanti di tambahkan step up untuk merubah tegangan dari 12VDC ke 24VDV karena perangkat UBNT yang digunakan membutuhkan supply tegangan 24VDV, atau jika tak ingin menggunakan step up bisa juga menggunakan Inverter untuk merubah tegangan DC menjadi AC 220V. 

Namun karena alasan "Penghematan" saya mencoba menggunakan alat yang sudah ada saja, siapa tahu bisa berguna. Nah daripada membeli Charger AKI lalu beli lagi Inverter/Steu up mending pakai UPS bekas yang stoknya banyak digudang. karena UPS memiliki kedua Fungsi Tersebut ( Charger & Inverter)

Kebtetulan banyak UPS bekas yang ada di gudang, katanya sih rusak, tpi setelah saya cek ternyata UPS dalam keadaan baik baik saja hanya baterainya saja yang sudah loyo dan tidak bisa bertahan untuk menyimpan daya lagi.

Akhirnya Baterai asli dari UPS yang sudah KO tadi yang berukuran 12VDV dengar arus 8.2Ah tersebut saya keluarkan dan di ganti dengan AKI yang lebih besar dengan ukuran 60Ah.

Jadi intinya saya hanya mengganti AKI atau baterai asli bawaan UPS yang berukuran kecil dengan AKI yang mempunyai kapasitas besar seperti AKI Mobil atau truk.

4 komentar

Gawat gimana om ?
Punya sya ini sampai hari ini semenjak dipasang 6 bulan lalu masih awet kok gak ada masalah apapun.. :D

Gan, dgn aki 45A beban 500W kira kira tahan brp lama mengantikan PLN ?

untuk cargernya gimana? kuat g? atau pakai carger aki lain? (terpisah)


EmoticonEmoticon