14 August 2016

Memperbaiki Android Samsung Galaxy Ace 3 Bootloop

Tags

Maraknya penggunaan Smartphone android tentunya membuka lahan Rezeki bagi sebagian orang, salah satunya dengan melayani jasa perbaikan Android atau servis android. sehubungan dengan hal itu saya ingin menceritakan pengalaman saya yang terjadi beberapa hari lalu yang berkaitan dengan servis android.

3 Hari lalu saya mendapatkan sebuah android Samsung Ace 3 dengan harga yang lumayan sangat murah dari harga aslinya yang berkisar sekitar 1.3jutaan. Kronologisnya, ada seorang teman yang menjual Androidnya dengan alasan Androidnya sudah rusak karena setiap kali dihidupkan selalu berhenti dilogo Samsung dan kembali Restart terus menerus. Penyakit android seperti ini biasa disebut dengan Bootloop yang artinya "Booting berulang-ulang".
Memperbaiki Android Samsung Galaxy Ace 3 Bootloop

Yap Bootloop merupakan salah satu penyakit android yang paling sering dijumpai, dengan ciri-ciri seperti tadi, yaitu Restart terus menerus setiap kali masuk ke Logo Samsung. 

Setelah berdiskusi sesaat dengan pemilik android tersebut, akhirnya kami menyepakati harga 150.000 rupiah untuk mahar yang harus saya bayarkan atas Android yang Bootloop tadi. Setelah transaksi selesai kami lakukan, saya langsung menganalisa solusi untuk memperbaiki Samsung Ace 3 ini. Pikiran saya pun langsung menuju pada "Flashing Ulang", karena itu saya mencoba masuk kemenu Download dengan menekan Tombol Power + Tombol Home + Tombol Volume Down, dan hasilnya pun menggembirkan, Samsung Ace 3 ini masih bisa masuk ke menu Download yang artinya masih ada harapan untuk di Flash menggunakan Odin.
Memperbaiki Android Samsung Galaxy Ace 3 Bootloop

Selanjutnya, sebelum saya melakukan Flashing, saya coba kembali untuk masuk ke menu Recovery bawaan samsung (Stock Recovery) dengan menekan tombol Power + Tombole Volume Up + Tombol Home untuk memeriksa apakah masih bisa dilakukan perbaikan hanya dengan Wipe data dan Cache tanpa harus melakukan Flashing.
Memperbaiki Android Samsung Galaxy Ace 3 Bootloop

Hasilnya pun sangat-sangat menggembirakan, karena setelah melakukan Wipe Data & Cache dengan sukses, Android Samsung Ace 3 ini melakukan rebooting dan berhasil hidup kembali seperti sedia kala tanpa perlu dilakukan Flashing.

Proses Wipe data & Cache tadi selesai dilakukan kurang dari 2 menit. kebetulan yang menjual Android tersebut masih ada di samping saya, dan ketika ia melihat Android yang dijualnya ke saya dengan harga 150.000 tadi sudah hidup, terlihat rasa kekecewaan terpancar dari wajahnya.

Pesan dari saya, Jika anda memiliki Android yang Stuck di logo atau Bootloop atau mengalami kerusakan disisi Software seperti itu, anda sebaiknya jangan terburu-buru memutuskan untuk menjualnya, atau melakukan servis ke tukang servis, ada baiknya anda coba memperbaiknya sendiri terlebih dahulu dengan melakukan Wipe data ataupun Flashing sesuai tipe Android yang anda gunakan, karena saya rasa hampir semua Merk dan Type Android sudah tersedia Tutorial-tutorial untuk melakukan Flashing yang bersebaran di internet, anda cukup rajin dan teliti untuk mencarinya.

6 komentar

Minta solusinya om...
Saya sudah cba sprti yg diatas tadi..
Cm buwat ngebuka menu felsing ulang pun tetap gk bisa..
Mohon solusiny om

jika mas mau flashing hp samsung , pada saat hp mati tekan tombol power,volume down, dan home screen secara bersamaan.

ketauan cuma asal nulis tanpa praktek itu sih...

Maaf kalo cara ini gak work di agan...
tapi tuduhan agan "Asal nulis tanpa praktek" itu salah besar
karena semua yg saya tulis merupakan pengalaman pribadi yg benar2 sudah saya praktekkan..

Oia, buat informasi aja ya gan..
Masalah Bootloop, Bricked, atau hang pada Android itu disebabkan oleh banyak hal..Salah satunya yang paling berat kerusakan pada emmc..kalo emmc udah rusak ya udah gak bsa lagi kalo cma di Flashing apalagi kalo cma di Reset via Recovery..


EmoticonEmoticon