25 August 2016

Konfigurasi Tranparent Proxy pada Mikrotik

  No comments
Untuk melakukan Konfigurasi Transparent Proxy pada Mikrotik tentunya Mikrotik tersebut harus sudah selesai di Konfigurasi terlebih dahulu Web Proxynya, Jika Mikrotik anda belum di Konfigurasi Web Proxy-nya maka baca terlebih dahulu Artikel sebelumnya tentang "Konfigurasi Web Proxy Internal Mikrotik"

Transparent Proxy adalah Proxy yang tidak terlihat dari Client, maksudnya, Client yang mengakses Sebuah website melalui Browser PC, ia tidak mengetahui jikalau Perjalanan paket data yang ia kirimkan melalui Browser untuk Server sebuah web ternyata masih singgah di Proxy, inilah yang dinamakan Transparent Proxy.

Masih bingung ? Begini, jika pada tutorial sebelumnya tentang "Konfigurasi Web Proxy internal Mikrotik" untuk menggunakan Proxy tersebut, maka User atau Client harus melakukan konfigurasi Manual pada Browsernya (Firefox/Chrome) Dengan cara menambahkan Alamat IP dan Port Proxy pada pengaturan Browser. Sedangkan dengan adanya Transparent Proxy, maka User atau Client tidak perlu lagi melakukan konfigurasi secara manual pada browsernya, melainkan Mikrotiklah yang akan bertugas Mengalihkan trafic yang datang dari Browser anda (Port 80) ke Port Proxy Internal Mikrotik (Port 8080).
Konfigurasi Tranparent Proxy pada Mikrotik

Semoga, penjelasan diatas sudah bisa dengan mudah anda pahami. Nah setelah mengetahui apa itu Transparent Proxy maka langkah selanjutnya adalah Melakukan Konfigurasi Transparent Proxy.

Saya Asumsikan, Mikrotik anda sudah bisa terhubung ke Internet dan Web Proxynya pun sudah Running
  • Login ke Winbox
  • Masuk Ke Menu Firewall - NAT
  • Klik Tombol Plus (Tambah)
  • Di Tab General, Chain pilih dstnat, src-address isi dengan IP Anda, Protocol Pilih TCP dan dst-port isi dengan 80
  • Pindah ke Tab Action, Action pilih redirect dan To Port isi 8080 (Port Proxy)
  • Selesai



No comments :

Post a Comment