24 August 2016

Cara Setting Waktu / NTP (Network Time Protocol) Client Pada Mikrotik

  No comments
Kadang dalam beberapa Kondisi tertentu Mikrotik akan menjalankan perintah yang membutuhkan informasi waktu. Contohnya jika anda membuat sebuah script perintah penjadwalan "Reboot Otomatis" maka tentunya pengaturan waktu yang ada di Mikrotik harus sudah benar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Contoh Lainya, jika anda menggunakan Mikrotik sebagai Hotspot maka pengaturan Waktu menjadi sangat penting untuk harus dilakukan sebelum anda menggunakan Voucher Hotspot yang sudah anda buat sebelumnya. Karena Userman akan mencatat Log aktivitas dan informasi lainya Berdasarkan Waktu dan tanggal.

Untuk melakukan konfigurasi waktu pada Mikrotik bisa langsung melalui Winbox pada menu System - Clock . anda bisa melakukan konfigurasi langsung di menu Clock layaknya anda mengatur waktu pada PC/Laptop.

Namun yang membedakan pada settingan Waktu pada PC dan Mikrotik adalah, Jika pada PC Settingan dasar seperti Waktu akan tetap tersimpan walaupun PC dimatikan atau direstart, beda halnya dengan Mikrotik, setiap kali Mikrotik di turn off atau di restart, maka settingan waktu tersebut akan hilang dan kembali menjadi Default. Ini dikarenakan Mikrotik untuk versi RB750 dan sejenisnya tidak memiliki Baterai yang berfungsi sebagai power cadangan seperti pada baterai BIOS pada Motherboard PC/Leptop.

Untuk mengatasi hal tersebut Mikrotik sudah menyediakan solusinya berupa NTP Client yang bisa anda lihat melalui System - SNTP Client. Fungsinya adalah, Mikrotik yang dikonfigurasikan sebagai NTP Client akan mendapatkan pengaturan waktu secara otomatis dari NTP Server secara Realtime, dengan syarat mikrotik tersebeut sudah bisa terhubung ke Internet.

Untuk Mengkonfigurasinya pun cukup mudah, Perhatikan caranya dibawah ini
  • Login Ke Mikrotik melalui Winbox
  • Masuk ke Menu System - SNTP Client
  • Centang Enabled
  • Pilih Mode Unicast
  • Lalu masukan alamat IP NTP Server lalu Klik Apply
  • Untuk Melihat hasilnya bisa anda lihat di  System - Clock
  • Waktu yang ada di Clock akan otomatis mengikuti waktu yang ada di NTP Server, karenanya anda masih harus perlu merubah Time Zone sesuai wilayah anda tinggal
Cara Setting Waktu / NTP (Network Time Protocol) Client Pada Mikrotik

Untuk IP NTP Server bisa anda lihat di www.pool.ntp.org/zone/id/

No comments :

Post a Comment