01 July 2016

Dokumentasi Pribadi Replace LCD Asus Eee PC 1215P Yang Pecah

Tulisan ini merupakan dokumentasi pribadi saya saat mengganti LCD Asus Eee PC 1215P yang pecah. Jika dilihat sekilas nampak tidak ada sama sekali Baut yang terpasang di Laptop, namun saya pikir tidak mungkin laptop ini direkatkan menggunakan Lem, pasti ada Baut yang tersembunyi. 

Benar saja setelah beberapa saat saya membolak balikan laptop ini terdapat 3 buah Baut Kecil yang berada di bagian Bawah laptop, 2 ada di Bawah Baterai (lepaskan dahulu baterainya)
dan 1 lagi di tengah namun tertutup oleh sebuah karet yang bisa dicungkil menggunakan Obeng mines
Bagian Bawah Laptop 1
Bagian Bawah Laptop 2
Bagian Bawah Laptop 3


Setelah Baut tersebut dilepas, saya melanjutkan dengan membuka penutup bagian bawah yang tadi terkunci oleh baut yang, didalamnya terlihat 2 Buah RAM yang saling berhadapan ditambah ada 4 Buah Baut lagi yang terletak disekitar RAM tersebut. Keempat Baut tersebut saya buka menggunakan Obeng kembang. dan RAM nya oun dicopt dengan menggeser kekiri atau kekanan Besi penahannya.



Nah sudah tidak ada lagi baut yang menempel dibagian Body laptop, namun Laptop masih belum bisa di pisah-pisahkan, anggapan saya ini disebabkan karena body laptop masih saling terkait oleh kuncian plastiik. saya mencoba melepaskan rekatan antar body dengan menggunakan Obeng mines yang kecil dengan sangat hati-hati untuk menghindari Lecet pad body dan kemungkinan paling fatal yaitu patahnya kuncian plastik tersebut. Untuk menjaga-jaga kemungkinan tersebut saya mengganti Obeng mines tadi dengan ujung kuku jari agar saya bisa lebih hati-hati saat melepasnya

Setelah dicungkil, bagian Mouse pad akan terlepas dari body laptop, namun berhati-hatilah saat melepasknya karena masih ada kabel fleksibel dari Mousepad yang terpasang di Board Laptop, karena itu lepaskan terlebih dahulu kabel tersebut dengan hati-hati menggunakan Obeng Mines kecil

Setelah bagian Depan terlepas, selanjutnya lepaskan 4 buah baut yang mengunci bagian keyboard, setelah itu angkat keyboard perlahan agar bisa melepaskan  Kabel Fleksibel dari Keyboard ke Board laptop
Setelah keyboard terlepas dari Board, selanjutnya adalah melepas seluruh baut yang terlihat oleh mata, sehingga Besi/Alumunium pembatas antara board dan keyboard bisa terlepas, begitupun dengan Board laptop bisa terlepas dari Casing laptop.

Selanjutnya adalah bagian Inti, yaitu melepas LCD dari bingakai LCD laptop, sama seperti sebelumnya, jika dilihat sekilas nampak tidak ada baut yang mengunci Bingkai LCD ini yang kenyataanya ada 2 buah Baut yang lagi-lagi tersembunyi di belakang karet.

Setelah karet dicungkil dan Baut dibelakangnya dilepas, langkah selanjutnya adalah dengan melepaskanrekatan antara bingaki bagian depan dan belakang menggunakan tangan

Setelah itu saya melepaskan Socket LCD yang terhubung di Board laptop, namun perlu diketahui bahwa dibagian bawah Socket terdapat sebuah baut yang terhubung juga dengan kabel dari LCD, karen itu yang harus dilakukan adalah dengan melepaskan Baut ini terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan melepas Socket LCD nya

setelah LCD terlepas dari bingkai, saya pun mengganti LCD yang pecah ini dengan LCD baru yang saya pesan dari Toko Online seharga 960 ribu.

dan saya lanjutkan dengan memasang kembali setiap bagian-bagian yang tadi saya lepaskan. Akhirnya Laptop Asus Eee PC 1215P kini bisa digunkan kembali seperti sedia kala.


EmoticonEmoticon