30 April 2016

Pengen buat Usaha RT RW Net ? Mulailah dengan Cara ini

Tags

Halo teman, Udah tau donk apa itu RT RW NET kalo yang belum tau silahkan di googling aja dulu artinya hehehehe. Intinya RT RW Net adalah Jaringan Dalam skala RT/RW gitu kira2 singkatnya. Rt/Rw Net mungkin bisa jadi solusi bagi warga di daerah pinggiran yang susah mendapatkan akses internet entah karena ketidaktersediaan ISP atau ketidak mampuan ISP untuk menjangkau masyarakat pinggiran karena keterbatasan infrastruktur. Rt/Rw Net pun bisa menjadi solusi bagi anda (Khususnya saya) yang masih nganggur namun memiliki Sedikit pengetahuan di bidang jaringan. karena Rt/Rw Net ternyata jika diolah dan dimanage dengan baik bisa menjadi sebuah mata pencaharian yang lumayan menjajikan, karena kita seolah-olah bertindak sebagai ISP walaupun dalam ruang lingkup yang kecil dan internet yang kita komersialkan pun masih berasal dari perusahaan ISP seperti Telkom.

Untuk memulai usaha Rt/Rw Net ini pun ternyata tidak susah susah amat, walaupun anda tidak mempunyai pengetahuan yang expert Tentang jaringan sekalipun anda bisa membuat usaha ini di tempat anda, namun ada baiknya anda mempelajari seluk beluk jaringan, karena pada penerapanya nanti anda akan di pertemukan dengan masalah-masalah yang butuh analisa,jangan sampai karena kebutaan anda akan jaringan akan berdampak buruk dalam membangun jaringan Rt/Rw net ini nantinya, saya ambil contoh, pernah kejadian seorang starter Rt/Rw Net di tempat saya Melakukan suatu kesalahan dalam membeli Radio Wireless, ia membeli sebuah radio wireless frequensi 5Ghz, yang rencananya akan di pasang di salah satu clientnya, udah ubek sana sini ga bisa-bisa, ia pun berasumsi bahwa radio yang dibelinya rusak, padahal Radio Wireless yang dia gunakan sebagai AP (Pemancar) adalah radio 2.4Ghz. ya jelaslah tidak bisa nyambung :D. 

Jika anda tertarik memulai usaha ini, maka yang perlu anda siapkan adalah beberapa hal

  • Sumber Internet pastinya (Dari Telkom)
  • Radio Wireless TP-LINK WA5210G (Pemancar)
  • Calon Pelanggan ( yang ini paling penting, karena ga mungkin bikin produk yang ga ada pembelinya)
  • Mikrotik ( Sebagai Router Manajemen User dan Bandwitch)
Mungkin dengan itu saja anda sudah bisa membangun RT/Rw Net. Radio TP-LINK WA5210G menjadi pilihan saya untuk memulai usaha ini karena selain harganya yang relatif murah (Menurut saya) sekitar 650ribu, Radio ini pun memiliki kinerja yang lumayan bagus. namun jika anda ingin lebih berkembang, saya sarankan untuk mengganti Pemcancar anda dengan radio yang lebih Kuat dan Antena External yang mampu menjangkau luas, agar nantinya Client anda bisa bertambah. Contoh anda bisa mengambil Radio keluaran Ubiquity seperti Bullet M2 atau Rocket M2 dan menggunakan Antena Sectoral (180 Derajat) atau Omni (360 Derajat) yang mana harganya pastinya sedikit mahal ketimbang 5210G. dan jika user anda sudah mulai bertambah saya sarankan pula anda untuk mengganti Router Mikrotik RB750 dengan Router yang memiliki kemampuan lebih besar untuk menampung User sesuai jumlah client anda. Banyak Model Radio Wireless , Antena dan Mikrotik yang beredar dipasaran , untuk memilihnya pun sebenarnya itu disesuaikan dengan kebutuhan dan Kemampuan (Budet) anda sendiri, jadi sebaiknya konsultasi dahulu pada teman-teman lain yang sudah berpenglaman untuk menentukan pilihan radio, antena atau tipe mikrotik yang ingin anda beli.

Mungkin Sekian dulu Terima kasih :D

12 komentar

Terima kasih untuk pengetahuannya gan,sangat bermanfaat sekali 😊, sukses terus gan

Terima kasih untuk pengetahuannya gan,sangat bermanfaat sekali 😊, sukses terus gan

Assalamu'alaikum wr wb,slmt malam..salam sukses dari Manado
Mhn bantuannya gan...urut2tan membangun rt rw net sampai dgn membuat voucernya,sangat mengharapkan ilmunya di bagi2 gan..hehehe,
Untuk smntra fasilitas yg tersedia
1.indihome 10 mbps
2.tp-link 7210
Terima kasih atas kemurahan ilmunya

Email : rachman_kodu@yahoo.co.id
WA : 085240960934

mksih ilmunya....kalau boleh tau nmer whatsapp admin saya mau tanya2....mohon di share nmr nya...

share dari kami bang... kami juga baru belajar kita sama2 belajar kalau mau buka rt rw pertama siapkan sesuaikan dengan paket kalau paket 10 mbps pakai mikrotik router rb951Ui-2h yg ada wifinya utk kapasitas 50 org
jgn menggunakan program voucer tampilan windows tp pakai dos winbox saja
tdk terlalu makan memori seperti yg pernah ku alami jgn lupa seting mikrotik jgn sampai kena virus

bos jadi itu nanti pakai router dari telkom ditancapin ke mikrotik atau dari kabel speedy langsung tancap mikrotik ya ?

dibantu ya bos terimakasih

Dari Router Telkom aja dlu gan...
abis itu bru ke Mikrotik
Krna di mikrotik gak ada Port untuk kabel RJ11 (kabel speedy/line telephone), adanya cma di router/modem telkom itu aja..
jadi ya harus ke Router/modem telkom dlu

untuk area clien kita butuh perangkat lagikah atau dari rumah clien yang umpamanya berjarak sekitar 20 meter apakah bisa langsung terhubung dengan wifinya yang di tembakkan oleh TP LINK tersebut???

emang internet telkom boleh dijual lagi ???

Aturanya sih gak bisa gan,makanya jgan keluarin invoice, atw biar lebih aman gabung di koperasi Rt/rw net indonesia biar ada payung hukumnya


EmoticonEmoticon